Mangekyou Sharingan Kakashi dan Itachi


Kalo disuruh milih antara Kakashi Hatake dan Itachi Uchiha? Whaa~ ga bisa milih tuh, saya ingin kedua-duanya, gkgkgkgk~ Habisnya sama-sama keren, jenius berbakat, shinobi hebat asal Konoha. Nah, sekarang saya pengen bahas soal Mangekyou Sharingan yang sama-sama dimiliki dua orang ini. Biar sama tapi ternyata memiliki perbedaan.

MS versi Itachi merupakan genjutsu tingkat tinggi dimana kesadaran lawan dibawa kedalam virtual ciptaan pemakainya. Itachi dapat membuat lawannya masuk ke dunia lain dengan Sharingan. Ia akan menyiksa lawan itu secara psikologis dalam waktu yang ia inginkan. Jika ia ingin lawannya ditusuk-tusuk pedang selama 72 jam, maka itu yang akan dirasakan lawannya, meskipun waktu hanya berjalan sesaat di dunia sebenarnya. Ketika sadar, lawan akan merasakan sakit yang sama, yang baru saja ia derita secara mental, walaupun tidak menderita luka fisik.

Inget pas Kakashi pertama kali kena jurus ini? Dia merasa berada di dunia lain dimana dirinya tak berdaya saat badannya ditusuk-tusuk pedang.

Kalau MS versi Kakashi benar-benar memindah lawan ke dimensi lain entah dimana. Seperti waktu melawan Deidara dan Pain.

Penggunaan MS baik versi Itachi atau Kakashi, keduanya sama-sama boros chakra, makanya tidak sering dipakai, hanya untuk keadaan darurat saat menghadapi lawan yang kuat. Mangekyou Sharingan hanya bisa dikalahkan dengan Mangekyou Sharingan juga. Tapi sebagai pencegahan, supaya tidak terkena genjutsu, lawan bisa saja tak melihat langsung mata si pengguna MS, seperti yang dilakukan Guy saat melawan Itachi. Itupun tak benar-benar bertarung, karena langsung dihentikan Kisame yang khawatir kesehatan Itachi semakin memburuk setelah memakai MS untuk Kakashi. (Adeuuuh… so sweet Kisame >,<)

MS versi Kakashi pemakaian chakranya lebih boros lagi, Kakashi hanya dapat mengeluarkan jurus ini dua atau tiga kali sebelum rubuh karena kehabisan chakra. Alasannya adalah:

Yang pertama, kakashi bukan dari klan Uchiha. Ini jelas merupakan perbedaan yang paling mendasar. Selain itu kita lihat sendiri, setelah menggunakan Mangekyou Sharingan, Kakashi sampai terbaring di rumah sakit selama beberapa hari (waduh…)
Sebenernya sampai sekarang saya juga masih bingung, darimana Kakashi mendapatkan Mangekyou, karena sebelum-sebelumnya tak ada tanda-tanda Kakashi punya Mangekyou. Terlebih lagi Itachi mengatakan bahwa untuk mendapatkan kekuatan mata ini, harus mengalahkan (membunuh) teman terdekat. Mungkin maksudnya sesama klan Uchiha bertarung trus yang kalah matanya diambil dan ditransplantasikan.

Nah, karena Kakashi bukan dari klan Uchiha, dia tak bisa menggunakan Sharingan terlalu banyak (boros chakra itu tadi yang langsung bikin dia cepat lelah trus ambruk). Mangekyou Sharingan Kakashi (kelihatannya) bukan MS sejati, yang diciptakan oleh Madara Uchiha, di masa-masa awal Konoha. Dan jelas (belum) bisa ditandingkan dengan MS Madara yang sampai bisa mengendalikan Kyuubi. So, dengan kata lain, MS ini original Kakashi, dan bukan MS klan Uchiha (terlihat dari bentuk pupilnya yang berbeda dengan MS Itachi). Kakashi juga belum bisa mengendalikan jurus ini dengan sempurna (terlihat dari pertarungan kalau dia belum bisa mengatur “pintu” dimensi dengan baik). Ini semakin memperkuat teori bahwa MS ini bukan MS sejati yang sangat mengerikan itu.

Tapi, kelebihan jurus ini, dikombinasikan dengan kemampuan Kakashi yang merupakan petarung jarak menengah, memberikan kontribusi yang SANGAT besar. Resiko jurus ini buat Kakashi jelas kecil (kalau dibandingkan MS Itachi), paling hanya kelelahan atau tidak bisa bergerak. Sedangkan MS Itachi, harus dibayar dengan kegelapan seumur hidup…..

Sedangkan nih ya… kalau Mangekyou Sharingan Itachi:
1. MS ini (kelihatannya) merupakan MS sejati turun-temurun klan Uchiha yang diciptakan oleh Madara. Ini jelas
memberikan kekuatan yang luar biasa pada Itachi.
2. MS Itachi lengkap dengan Tsukuyomi, Amaterasu,dan Susanoo. Tsukuyomi sebagai genjutsu terkuat yang ada. Amaterasu ninjutsu terkuat yang ada. Sedangkan Susanoo adalah summon terkuat sekaligus serangan fisik dengan pedang Totsuka dan pelindung terkuat (perisai itu…cermin yata kalau tak salah).
So… digabungkan dengan kemampuan Itachi yang dasarnya memang jenius…. Benar-benar kekuatan yang sangat mengerikan.
3. Jelasnya, sebagai Uchiha sejati… Itachi bisa mengakses semua kekuatan Sharingan tanpa batasan apapun.
4. Tapi resikonya juga mengerikan… seperti kata Kakashi, semakin hebat jurusnya semakin besar resiko yang harus ditanggungnya. Bayaran dari memiliki kekuatan mengerikan itu adalah kegelapan. Dunia bercahaya milik kita direnggut sebagai gantinya. Dan satu- satunya cara untuk mendapat cahaya kembali adalah dengan menjadi iblis yang bisa
membunuh dan merampas mata saudara sendiri… walau pada sesungguhnya Itachi tak sekejam itu….

 

Source:
The Anime World [Group on Facebook]
Majalah ANIMONSTER 66

Share by Me!! [FuRaHa]



0 Responses to “Mangekyou Sharingan Kakashi dan Itachi”

  1. voo die says:

    mata kakashi itu pemberian sahabat semasa kecil “Obito”, sebenarnya kekuatan ocular jutsu milik kakashi hampir menyamai kekuatan ocular jutsu milik Uchiha Madara, terbukti saat menahan serangan Pain, kakashi memindahkan paku yg ditembakkan menggunakan kekuatan gravitasi Pain ke dimensi lain

  2. kudanil says:

    mata itachi juga gak kalah hebat terbukti pada saat dia melawan sasuke dia menggunakan genjutsu nya dia mengambil mata sharingan sasuke walaupun itu hanya genjutsu tetapi sakit nya juga dirasakan di dunia nyata WALAUPUN ITACHI HARUS MATI SETELAH MELAWAN SASUKE

    • FuRaha says:

      Hoho~ iya bener… selain itu berkat mata Itachi dan kematiannya, Sharingan Sasuke jadi lebih sempurna 😀

      Sedih banget pas tahu tentang kenyataan dibalik Itachi. Dia benar2 seorang kakak yang mencintai adiknya mpe segitunya (T-T)

  3. andi says:

    mata mangekyou kakasi itu di dapat dari obito,,,,karena obito pada saat itaci membunuh klan uchiha obito ikut,,,,,dan dari situlah kakasi bisa mangekyou,,,,karena obito belum memcobanya karena keburu mati,,,,,

    • FuRaha says:

      Benar 😀 lengkapnya ada di bagian Kakashi Gaiden

    • kakasi says:

      maksudnya obito ikut apaan ? yg saya tau matanya kakasi itu emang dari obito teman satu teamnya waktu masih kecil, nah pas lg melakukan misi si obitonya tuh baru bisa saringan terus si obitonya mati dan dia minta matanya itu dikasih ke kakasi

      • FuRaha says:

        Ah, iya benar juga ‘Kakasi’, Saya baru ‘ngeh’ lagi baca komen saudara “Andi”
        Maksudnya komen “karena obito pada saat itaci membunuh klan uchiha obito ikut” mungkin karena ada anggapan bahwa Tobi itu Obito selain banyaknya rumor yang beredar dia Madara asli.
        Memang Obito sudah mati ketimpa reruntuhan batu (di cerita Kakashi Gaiden)
        Jadi tetap misterinya belum terungkap, soal dari mana Mangekyou Kakashi didapat.

      • ekho says:

        Sekedar meluruskan tentang bagaimana Hatake Kakashi bisa mempunyai MS atau Mangekyou Sharingan, yaitu saat Kakashi menggunakan Chidori untuk melawan musuh yg ingin menangkap Rin, sedangkan Kakashi berjanji melindungi Rin dengan nyawanya sekalipun, namun sangat tak terduga Rin muncul tiba-tiba tepat didepan Kakashi yg saat itu Kakashi sedang menyerang musuh dengan Chidori, lalu Rin terkena Chidori tepat dibagian jantung Rin, saat itu Obito melihat secara langsung, secara bersamaan Kakashi dan Obito meneteskan air mata, dan setelah itu secara bersamaan saat itulah mata Sharingan Kakashi dan Obito berubah atau bangkit menjadi mata Mangekyou Sharingan, namun tetap saja kekuatan mata Mangekyou Sharingan Obito lebih unggul dibandingkan dengan kekuatan mata Mangekyou Sharingan Kakashi.

        • FuRaha says:

          Iya seperti itu….
          Maaf gan, ini artikel saya pos pas cerita blom sampai situ dan blom saya updet lagi postingannya XD makasih sudah berbagi info

  4. zoggakyu says:

    kakashi ama itachi, aku ngga bisa milih dua-duanya … sama-sama keren, tampan dan jenius …

    memang mangekyou sharingannya kakashi darimana yah ?!
    Klo ngomong itachi jg keinget sosok kaka yg baik smpe wktu itu sempet nangis tau kebenerannya selama ini T__T sasu ~~ liat itachi baik banget :( #abaikan

  5. hardika says:

    aku ingin photo mata saringan

  6. mmang btul mata kakasi adalah pemberian obito sbagai hadiah untuk kakasi.dan tobi itu sbnarnx madara

  7. clone says:

    waktu obito ngeliat rin mati,,MS nya bangkit,,jadi yang ngebangkitin itu obito bukan kakashi,,karena sharingannya sepaket/sepasang otomatis sharingan yg dkakashi juga ikut bangkit MS nya

  8. Bima says:

    Mangekyou sharingan kakashi didapatkan dari dia tidak sengaja membunuh temannya rin dan tobi/obito pun melihanya jadi mereka berdua mempunya ms.

  9. Shinji jung says:

    Kakashi dapat MS karena dulu dia membunuh RIN
    dan waktu itu obito (obito selamat karena ditolong madara) melihat sendiri kakashi membunuh RIN
    dan secara bersamaan Sharingan obito dan kakashi berubah jadi MS

  10. haris says:

    kenapa kok obito bisa jadi madara gan kan harusnya udah mati ketimpah batu???:-)

    • FuRaha says:

      dia diselamatin ama Madara trus pura-pura jadi madara gitu deh, spoiler baca aja manganya atau nonton animenya udah lebih dari cerita itu kok. dan maaf postingan ini dibuat jauh sebelum rahasia itu terungkap XD

  11. Dennis says:

    Kakashi mendapatkan mangekyou sharingan setelah dia membunuh teman rekan nya yaitu RIN

  12. Fans Kakashi says:

    Mangekyonya didapat pas ngeliat Rin mati, Jelas?

Leave a Reply

%d bloggers like this: